TEMULAWAK SEBAGAI PENURUN KOLESTEROL

TEMULAWAK SEBAGAI PENURUN KOLESTEROL
Temulawak atau curcuma xanthorrhiza ROXB merupakan tanaman obat yang tergolong suku temu temuan. Tanaman ini berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa.Tanaman ini kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia.

Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Selain di Asia Tenggara, Temulawak juga dapat ditemui pulau di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Khasiat Kandungan Temulawak

Daging buah (rimpang) temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia antara lain berupa fellandrean dan turmerol. Turmerol juga biasa disebut dengan minyak menguap.

Adapun kandungan lainnya minyak atsiri, kamfer, glukosida, dan foluymetik karbinol. Kurkumin yang terdapat pada rimpang tanaman ini bermanfaat sebagai acnevalguris,di samping sebagai anti inflamasij (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Resep Menurunkan Kolesterol

Sebagai obat penurun kolesterol, badan yang perlu Anda siapkan adalah 3 jari rimpang temulawak segar. Selanjutnya Anda melakukan cara pemakaian yang bervariasi, salah satunya adalah:
Rimpang temulawak dikupas kulitnya
Temulawak kemudian diparut
Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan biarkan mengendap
Setelah dingin, airnya dimimum.

Post a Comment for "TEMULAWAK SEBAGAI PENURUN KOLESTEROL"