Angkak Untuk Menumpas Kolesterol


Angkak Untuk Menumpas Kolesterol

Angkak (Beras Merah Cina) merupakan pengawet sekaligus pewarna makanan alami dan menyehatkan. Angkak juga dianggap sebagai obat bermacam penyakit. Berdasarkan penelitian, produk olahan dari beras ini bisa menurunkan kelebihan kolesterol.

Penggunaan Angkak sebagai obat di Cina dimulai sejak Dinasti Tang. Dalam seni pengobatan Cina tradisional, Angkak diguakan untuk pengobatan terhadap penyait pencernaan, disentri, dan antraks. Angkak juga sering digunakan meringankan kerja lamung serta memperkuat fungsi limpa.

Khasiat Kandungan Angkak

Senyawa obat yang terdapat di dalam Angkak sesungguhnya merupana produk metabolit sekunder dari kapang monascus purpureus, yaitu lovastatin. Kadar lovastatin pada Angkak sekitar 0,2%. Lovastin (C24H36O5) atau mevacor atau monacolin K telah dikenal sebagai senyawa obat yang menurunkan kadar kolesterol darah pada penderita hiperkolesterolemia.

Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa Angkak mengandung senyawa gamma-aminobutyric poison (GABA) dan acetylcholine chloride, yaitu suatu senyawa aktif yang bersifat hipotentif, artinya mampu menurunkan tekanan darah. Karena itu, Angkak sering digunakan sebagai obat penurun tekanan darah oleh penderita hipertensi.

Resep Menurunkan Kolesterol

Monacolin K yang terdapat dalam Angkak telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol darah pada penderita hiperkolesterolemia. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol. sediakan terlebih dahulu Angkak sebanyak 1/2 sendok teh.

Untuk proses pemakaiannya, Anda cukup menumbuk sampai halus Angkak. Kemudian masukkan ke dalam cangkir. Setelah itu, seduh dengan 3/4 cangkir air panas. Minum airnya selagi hangat lakukan setiap hari.

Post a Comment for "Angkak Untuk Menumpas Kolesterol"