Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Sudah Banyak kita ketahui bahwa Jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari manfaat untuk bumbu dapur ibu rumah tangga, sebagai obat kecantikan, Ternyata jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu nya ialah manfaat Jeruk nipis untuk menurunkan Kolesterol.

Jeruk nipis

Jeruk nipis termasuk salah satu jenis citrus geruk. Jeruk nipis termasuk jenis tanaman perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Tingginya sekitar 0,5 - 3,5 m. Batang pohonnya bekayu ulet, berduri, dan kers. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam.

Tanaman jeruk nipis

Biasanya pada umur 2 1/2 tahun sudah mulai berbuah. Buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong dengan diameter 3,5 - 5 cm. Warna kulit luar hijau atau kekuning kuningan. Tanaman jeruk nipis mempunyai akar tunggang. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam.

Buah jeruk nipis

Buah ini juga disebut limau nipis. Kandungan vitamin C yang lebih banyak dari jeruk nipis ini dibandingkan dengan jeruk jenis yang lain, membuat jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati banyak sekali jenis penyakit diantaranya Jerawat, Amandel, batuk, Batu ginjal, Haid tidak teratur, dan masih banyak lagi.

Khasiat Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung unsur unsur kimia yang bermanfaat. Misalnya asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, damar, glikosida, asam sitrum, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vit B1 dan C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung senyawa saponin, dan flavonoid yaitu hesperidin. Hesperidin bermanfaat untuk antiinflamasi, antioksidan, dan menghambat sintesis prostaglanin.

Post a Comment for "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan"