Khasiat Asam Jawa Untuk Menurunkan Kolesterol

Khasiat Asam Jawa Untuk Menurunkan Kolesterol
Asam Jawa termasuk dalam famili Caesalpiniaceae. Pohon asam berperawakan besar, daunnya hijau dan akan gugur semuanya saat musim bunga tiba. Ketinggian pohon bisa mencapai 30 m, dengan diameter batang hingga 2 m.

Asam jawa termasuk tanaman tropis. Asal usulnya diperkirakan dari Savana Benua Afrika Timur, salah satunya di Sudan. Sejak ribuan tahun lalu, tanaman ini telah tersebar sampai Asia tropis, kemudian tersebar ke Karibia dan Amerika Latin.

Khasiat Kandungan Asam Jawa.

Di Indonesia, asam jawa banyak tumbuh liar. Daun tanaman ini dapat digunakan sebagai obat penurun kolesterol tinggi dengan kandungan kiia saponin, flavonoid dan tanin. Buah asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung nilai kalori antara lain 239 kalori per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram dan lemak 0,6 gram per 100 gram.

Resep Penurun Kolesterol

Untuk resep penurun kolesterol dengan memanfaatkan asam jawa, bahan yang bisa disiapkan adalah menyiapkan 150-200 gram daun asam jawa. 1 gelas (220 ml) air. Adapun cara pembuatan dan pemakaian adalah sebagai berikut:

  • Tumbuk daun Tamarindus Indica 150-200 gram.
  • Masukkan 1 gelas air panas.
  • Kemudian peras dan saring.
  • Diminum untuk satu kali minum, sehari 3 kali.

Post a Comment for "Khasiat Asam Jawa Untuk Menurunkan Kolesterol"