Mengenal Tanaman Obat Kolesterol

Kolesterol adalah komponen asam lemak yang terdapat dalam darah. Zat ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk proes proses tertentu bagi kelangsungan hidup. Di antaranya untuk membentuk hormon, membentuk sel, dan merawat sel sel saraf.

Tetapi, jika jumlah kolesterol dalam tubuh berlebihan bisa berbahaya dan mengakibatkan kematian. Penyakit yang di sebabkan kolesterol adalah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi, dan hiperkolesterolemia. Kadar kolesterol dalam darah bisa diatasi dengan pengobatan scara tradisional dengan memakai aneka tanaman herbal yang banyak tumbuh di Indonesia.

Adapun beberapa jenis tanaman obat yang di manfaatlan untuk pengobatan kolesterol tinggi adalah Daun jati Belanda (Guazama Ulmifolia), kemuning (Murraya Paniculata), Asam jawa, Belimbing manis, Labu siam, Tempuyung (Sonchus Arvensis) dan masih banyak lagi

Menurut penelitian di Amerika Serikat, kadar kolesterol dianggap tinggi atau hiperkolesterolemia jika mencapai 240 mg persen. Penyakit jantung koroner dua kali lebih besar mengancam orang orang yang mempunyai kadar kolesterol 200-240 mg persen dibandingkan mereka yang kadarnya dibawah 240 mg oersen.

Kadar kolesterol dalam darah dapat berubah ubah setiap waktu tergantung pola makan. Namun, perubahan itu tidak seberapa besar. Beberapa faktor kolesterol adalah genetik, umur, jenis kelamin dan lingkungan. Kadar kolesterol cenderung meningkat pada orang orang gemuk, kurang olahraga, stres, dan perokok.

Post a Comment for "Mengenal Tanaman Obat Kolesterol"