Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Rumput laut

Merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat diwilayah pesisir dan laut. Rumput laut merupakan anggota dari kelompok vegetasi yang di kenal sebagai alga (ganggang).

Di beberapa daerah pantai di bagian selatan jawa dan lantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat sumatera, rumput laut banyak ditemui hidup di atas karang karang terjal. Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis rumput laut juga banyak dibuudidayakan oleh sebagian masyarakat pesisir Indonesia.

Khasiat Kandungan Rumput Laut

Komposisi kimia rumput laut bervariasi antar individu, species, habitat, umur panen dan kondisi lingkungannya. Sedangkan komposisi zat gizi rumput laut sebagai bahan makanan adalah karbohidrat (gula atau vegerable gum), protein, sedikit lemak, serta abu yangt sebagian besar terdiri dari natrium dan kalium serta 80-90% air.

Di samping komponen gizi utama tersebut, rumput laut sangat kaya akan senyawa lain yang penting, yaitu vitamin B1, riboflavin dan niasin. Dari beberpa jeis rumput laut di Indonesia yang terpenting adalah jenis Eucheuma sp.

Resep Menurunkan Kolesterol

Bagi Anda yang ingin menurunkan atau menobati kolesterol, bahan yang Anda buthkan adalah rumput laut kering sebanyak 3o gram. Berikut ini cara pembuatanya:
  1. Rumput laut digiling menjadi bubuk
  2. Masukkan ke dalam cangkir
  3. Lalu seduh dengan air mendidih
  4. Minum air tersebut setiap hari

Post a Comment for "Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan"