Kubis Atasi Kelebihan Kolesterol



Kubis (kobis) atau kol adalah nama yang diberikan untuk tanaman sayuran daun yang populer. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Brassica Oleracea L. kubis dimanfaatkan daunnya untuk dimakan.

Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan putih pipih, yang disebut krop, kop atau kepala. Kubis berasal dari Eropa SElatan dan Eropa Barat. Nama Kubis diambil dari bahasa Perancis, chou cabus (secara harfiah berarti "kubis kepala"). Adapun nama "kol" diambil ari bahasa Belanda yakni kool.

Khasiat Kandungan Kubis

Kubis segar mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin (A,C,E, tiamin, riboflavin, nocotinamide), kalsium, dan betakaroten. Selain itu, juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.

Tak hanya iut, kandungan zat aktifnya, berupa sulflorafan dan histidine dapat menghabat tumor. Juga bisa mencegah kanker kolon dan rektum. Detoksifikasi senyawa kimia berbahaya. Kandungan asam amino dalam sulfurnya, juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, penerang saraf, dan membangkitkan semangat.

Resep Menurunkan Kolesterol

Sebagaimana diketahui bahwa kandungan asam amino dalam sulfurnya berkasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Adapun bahan yang digunakan adalah bagian daun.

Cara pembuatannya cuci 1/4 bagian kubis segar berukuran sedang sampai bersih. Kemudian bilas dengan air matang. Llau potong potong seperlunya. Bosa juga dijus, lalu minum. Lakukan setiap hari.

Post a Comment for "Kubis Atasi Kelebihan Kolesterol"